Muhammadiyah Bola Volly Team (MVBT)
Universitas Muhammadiyah Malang
Muhammadiyah Bola Volly Team (MVBT)
Universitas Muhammadiyah Malang

10 Temuan Berharga Satu Dekade Penjelajahan Mars

Author : Administrator | Sabtu, 25 Januari 2014 09:47 WIB
Spirit, robot penjelajah Mars milik NASA.


VIVAnews - Hari ini tepat satu dekade eksplorasi Planet Merah. Sepuluh tahun silam, Kendaraan robot penjelajah Mars milik Badan Antariksa AS (NASA), Opportunity telah mendarat di Mars. Opportunity menyusul kembarannya, Spirit, yang tiga minggu sebelumnya menyentuh permukaan planet merah itu. 
 
Awalnya kedua kendaraan penjelajah itu hanya diujicoba untuk tiga bulan saja. Namun, malah misi diperpanjang. Spirit dinyatakan mati pada 2011, sedangkan Opportunity tetap bekerja hingga hari ini. Selama satu dekade, keduanya telah mencatatkan beberapaa temuan berharga seputar pencarian tanda-tanda kehidupan di Mars. 
 
Guna menandai satu dekade perjalanan Opportunity dan Spirit, berikut 10 temuan kedua kendaraan berdasarkan laporan dari Ray Arvidson yang merupakan Deputi Investigator Utama  dari Universitas Washington, St. Louis, Amerika Serikat, sebagaimana dilansir Space, Jumat 24 Januari 2014:
 
1. Atmosfer dinamis
 
Spirit dan Opportunity menggunakan argon, salah satu gas mulia, keduanya melacak atmosfer dinamis Mars. Keduanya menggunakan instrumen APXS untuk mengukur atmosfer Mars.
 
2. Debu 'Setan' Mars
 
Banyaknya debu setan yang dinamis menunjukkan bagaimana debu dan pasir digerakkan oleh angin dalam atmosfer yang tipis di Mars. 
 
3. Air modern
 
Spirit menemukan lapisan komplek dan dataran Kawah Gusev menunjukkan air modern di Mars. Kemungkinan air itu adalah embun beku es yang telah mengubah permukaan batu.
 
4. Air modern 2
 
Kendaraan Spirit menemukan besi sulfat yang diturunkan kolom tanah oleh air modern pada kawasan Troy, Husband Hill, Kawah Gusev.
 
5. Air berinteraksi dengan magma
 
Spirit menemukan karbonat besi magnesium pada daerah singkapan Comanche, Husband Hill, Kawah Gusev. Elemen itu menunjukkan interaksi air dengan magma.
 
6. Sistem hidrotermal kuno
 
Spirit menemukan tanah kerilik yang berubah warna pada Home Plate, Kawah Gusev dibentuk dalam ventilasi hidrotermal. Dalam kejadian ini disebutkan air berinteraksi dengan magma.
 
7. Desiran tiupan angin
 
Opportunity menemukan desiran tiupan angin pada tanah datar Meridiani merupakan angin langka dari era angin sebelumnya. Kemungkinan saat sumbu miring Mars berputar dengan berbeda di masa lalu.
 
8. Meteor Mars
 
Kendaraan penjelajah Opportunity menemukan beberapa batu meteor di Mars tersebar sepanjang dataran Meridiani.
 
9. Lingkungan yang dapat dihuni
 
Opportunity menemukan bukti Mars telah layak dihuni selama jutaan tahun lalu. Di tepi Kawah Endeavour, Cape York, Opportunity menemukan tanah liat besi dan alumina dalam batuan halus berlapis di formasi bebatuan Matijevic. Dalam pengukuran terjadi perubahan dalam pengurangan air. Berdasarkan pemeriksaaan Opportunity, batuan itu merupakan batuan tertua yang pernah diperiksa, sekitar 4 miliat tahun. Analisa mengatakan batuan itu terkena air jauh lebih banyak dapat dihuni dari air lainnya.
 
10. Danau asam kuno
 
Pembentukan pada dataran Meridiani dikarenakan batu pasir kaya sulfat yang dibentuk dalam oksidasi danau dangkal dan asam kuno. Proses ini berulang ke bukit dan pasir yang disemen oleh peningkatan air tanah. (ren)

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image