Muhammadiyah Bola Volly Team (MVBT)
Universitas Muhammadiyah Malang
Muhammadiyah Bola Volly Team (MVBT)
Universitas Muhammadiyah Malang

Ribuan Meteor Akan Hujani Bumi Bulan Ini

Author : Administrator | Kamis, 08 Mei 2014 15:06 WIB
Sumber: Viva News

Langit bermandikan cahaya karena komet bertabrakan dengan atmosfer.

Hujan meteor pada 2012.
Hujan meteor pada 2012.

VIVAnews - Seluruh penghuni Bumi akan disajikan fenomena astronomi menakjubkan pada bulan Mei ini. Diperkirakan pada 23 dan 24 Mei 2014 akan terjadi hujan meteor yang memungkinkan sekitar ribuan benda luar angkasa melesat di langit per jamnya.

Melansir NBC News, Kamis 8 Mei 2014, peristiwa ini sebelumnya pernah ditemukan pada 2004 oleh Lincoln Near-Earth Asteroid Research yang menamainya Komet 209P/LINEAR. Komet ini mengorbit Matahari setiap lima tahun bahkan lebih. Tahun ini, posisi komet tersebut tepat pada orbit Bumi dan alirannya diposisikan tepat untuk pertemuan antar planet.

Bila prediksi ini benar, maka langit akan bermandikan cahaya akibat dari komet yang mengandung es, batu, dan debu yang bertabrakan dengan atmosfer Bumi.

"Perkiraan hujan meteor ini sekitar 100 hingga 1.000 meteor per jamnya," ujar Jane Houston Jones dalam sebuah video yang dirilis oleh NASA.

Hujan meteor yang terjadi pada pertengahan Mei kali ini diprediksi sebagai hujan meteor terbaik pada 2014. Berdasarkan beritaMashable, jika hujan meteor terjadi pada 24 Mei akan disebut May Camelopardalids.

"Ini akan menjadi pemandangan yang mengesankan sepanjang malam," kata Bill Cooke, kepala Dinas Lingkungan NASA.

Kanada dan bagian Amerika Utara menjadi tempat yang menguntungkan menyaksikan hujan meteor ini. Dan waktu terbaik untuk melihat peristiwa langka ini antara pukul 14.00-16.00 waktu setempat.

Hujan meteor ini merupakan partikel debu, sebesar pasir, yang berasal dari komet maupun asteroid. Benda luar angkasa yang ingin memasuki Bumi akan mengalami pergesekan dengan atmosfer, sehingga benda tersebut hancur sebelum mencapai Bumi. 

http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/502838-ribuan-meteor-akan-hujani-bumi-bulan-ini

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image